Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Sabtu, 22 Desember 2007

Digital Alliance Radeon X1900XTX - Tertinggi dari Kubu ATI

Majalah Chip;
Chip Radeon X1900XTX menempati posisi tertinggi di antara keluarga ATI Radeon X1900 lainnya. Secara umum, chip grafis ini dapat dikategorikan menjadi 4, yaitu Radeon X1900XTX, Radeon X1900XT, Radeon X1900 CrossFire (Mastercard untuk menjalankan feature multigraphics CrossFire), dan Radeon X1900GT.

Image
Kali ini, Digital Alliance mengemas chip grafis seri teratas buatan ATI, yaitu Radeon X1900XTX yang dikenal juga dengan kode R580. Keperkasaan chip grafis ini diperoleh berkat penggunaan 16 pixel pipeline (48 pixel shader processor) dan 8 vertex processor sehingga chip ini mampu mengolah kalkulasi grafis yang rumit dengan mudah. Di samping itu, chip R580 juga memiliki interface memori 256 bit sehingga menjamin chip grafis tersebut tidak kekurangan bandwidth. Sebagai produk seri teratas, graphics card ini juga dilengkapi dengan memori berjenis GDDR3 dengan kapasitas 512 MB.

Dengan spesifikasi teknis seperti di atas, graphics card ini membutuhkan pasokan daya yang sangat besar. Oleh karena itu, untuk menghemat penggunaan daya, produk ini akan menurunkan kecepatan core dan memori pada saat digunakan dalam modus 2D atau pada saat sumber daya grafis tidak banyak dibutuhkan. Pada saat tersebut, kecepatan core dan memori yang digunakan pada graphics card ini masing-masing tercatat sebesar 500 MHz dan 594(1188) MHz. Sebaliknya, jika a-plikasi yang membutuhkan sumber daya grafis yang besar aktif, kecepatan core dan memori akan naik menjadi 641 MHz untuk core dan 774(1548) MHz untuk memori.
Image

Digital Alliance memberikan bundel yang cukup menarik dalam paket penjualan produk yang satu ini. Meskipun tidak dapat disebut berlimpah, bundel yang disertakan dirasakan sudah cukup memadai bagi kebanyakan user.
Image

Kesimpulan CHIP:
Digital Alliance menggunakan chip ATI Radeon X1900XTX sebagai motor produknya yang satu ini. Produk tersebut datang dengan spesifikasi teknis dan PCB yang sesuai dengan reference dari ATI. Kinerjanya tidak jauh dari kompetitornya Namun, untuk memberikan nilai tambah di mata konsumen, Digital Alliance memberikan bundel yang cukup memadai.

This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Tidak ada komentar: